Minggu, 06 Februari 2011

Pengenalan Mesin

Sudah kita ketahui sebuah mesin baik mesin mobil maupun mesin pada sepeda terdiri dari beberapa komponen utama yaitu:
1. Poros Engkol (Crankshaft)
2. Stang Piston (handlebars piston)
3. Piston
4. Katup (rocker arm)
5. Poros Nok (Noken As)
6. Timing Belt
7. Blok Mesin

Mesin disini terdapat dua macam yaitu mesin bensin (Otto) dan mesin diesel (diesel)
Cara kerja mesin bensin :
- Poros engkol bergerak dari TMA menuju ke TMB
- Terjadilah pengisapan bahan bakar yaitu melalui karburator, bensin yang berupa kabut bercampur dengan udara yang akan masuk ke ruang bakar melalui "Katup Isap" sebelumnya melalui intake manipold
- Poros engkol kembali bergerak dari TMB menuju ke TMA dengan putaran searah jarum jam
- Sebelum mencapai titik TMA campuran bahan bakar tadi secara otomatif terjadi pemanasan akibat pemampatan oleh piston
- Setelah mencapai titik TMA dengan sempurna maka keluarlah percikan api dari busi
- Terjadilah pembakaran dalam ruang bakar (langkah kerja)
- Akibat pembakaran tadi mengakibatkan poros engkol berputar dari TMA menuju ke TMB yang disebut langkah usaha
- Poros engkol terus bergerak kembali dari TMB menuju ke TMA dan mengeluarkan sisa-sisa pembakaran tadi melalui katup, exhaus manipold hingga akhirnya menuju knalpot
- Secara konstan begitu seterusnya

Cara kerja mesin diesel :
-
Poros engkol bergerak dari TMA menuju ke TMB
- Terjadilah pengisapan udara melalui intake manipold
-
Poros engkol kembali bergerak dari TMB menuju ke TMA dengan putaran searah jarum jam
- Bahan bakar udara tadi yang telah berada di ruang bakar kini dipampatkan dengan bergeraknya poros engkol dari TMB menuju TMA
- Terjadilah perubahan suhu pada bahan bakar udara menjadi panas
- Setelah mencapai titik TMA maka bahan bakar solar disemprotkan melalui nozzle dimana slar berbentuk kabut
- Terjadilah pembakaran yang menyebabkan peros engkol bergerak kembali menuju titik TMB (langkah kerja)
- Poros engkol terus berputar hingga akhirnya kembali lagi pada titik TMA
- Sisa hasil pembakaran dibuang melalui katup menuju saluran exhaus manipold hingga akhirnya keluar dari knalpot
-
Secara konstan begitu seterusnya

Jadi intinya pada setiap mesin terjadi beberapa langkah yaitu :
- Langkah Isap
- Langkah Bakar
- Langkah Usaha
- Langkah Buang




Tidak ada komentar:

Posting Komentar